Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis 2022

Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis - WhatsApp selain digunakan untuk keperluan VC, WhastApp juga sering digunakan untuk mengirimkan berbagai media seperti foto, gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya.

File-file yang terdapat dari kiriman di WhatsApp rata-rata otomatis akan terunduh, dan kemudian langsung tersimpan ke memori internal pada Hp anda.

Sayangnya, tidak semua pengguna suka menggunakan dengan fitur ini karena mau tidak mau kuota akan secara otomatis akan terbuang.

Apalagi jika anda dapatkan justru merupakan file yang tidak berguna, misalnya seperti ada yang iseng share gambar tertentu di grup WhatsApp anda.

File-file tidak berguna tersebut akan menumpuk dalam memori internal sehingga bisa memakan kapasitas Hp anda tentunya.

Bagi anda yang kurang suka dengan fitur download otomatis tersebut, anda bisa saja menonaktifkannya seperti yang akan kami berikan pada kesempatan kali ini cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis.


Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis


Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis Dengan Memanfaatkan Fitur Download Otomatis Di WhatsApp

Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis Dengan Memanfaatkan Fitur Download Otomatis Di WhatsApp
Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkan fitur download otomatis ini dinonaktifkan, salah satunya adalah anda bisa menghemat kuota serta memori internal.

Karena setiap pesan yang masuk, WA akan menyimpan media yang ada pada pesan tersebut sehingga kuota anda juga akan terpakai.

Begitu juga dengan memori internal, semakin banyak pesan yang anda terima, maka semakin banyak juga media yang tersimpan, dan semakin penuh juga memori Hp yang anda miliki.

Sebagai buktinya, anda bisa coba buka menu Data Usage untuk mengecek penggunaan kuota, serta buka aplikasi File Manager untuk mengecek data yang tersimpan dari WhatsApp.


Sebenarnya, sejak dulu WhatsApp sudah membuat langkah-langkah agar media-media yang secara bawaan tersimpan di Hp bisa dikendalikan.

Sayangnya, hingga kini masih banyak user yang belum mengerti tentang bagaimana menggunakan cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis.

Apalagi untuk user-user baru yang masih terasa asing dengan aplikasi satu ini, mengingat setiap harinya pengguna WhatsApp terus bertambah.

Berikut ini adalah langkah-langkah agar stiker WA tidak bisa terdownload secara otomatis:
  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Hp anda.
  • Selanjutnya, buka menu dibagian kanan atas lalu pilih "Setelan". Di menu "Setelan", anda pilih opsi "Penggunaan Data Dan Penyimpanan".
  • Setelah itu anda atur pengaturan "Unduh Otomatis Media" sesuai dengan kebutuhan. Disana ada 3 opsi, anda bisa pilih menu "Saat Menggunakan Data Seluler".
  • Berikutnya hilangkan semua centang yang ada di sana.
Catatan: Dengan tidak mencentang semua pilihan yang ada di sana, berarti tidak akan ada media (dalam jenis apapun) yang terunduh saat Hp anda berada dalam mode data seluler/paket data.
  • Lalu anda ulangi lagi langkah keempat pada menu saat terhubung Wifi, hilangkan seluruh centang media yang ada di sana.
Catatan: WhatsApp tidak akan mengunduh media (dalam bentuk apapun) secara otomatis, di saat Hp anda terkoneksi ke jaringan WiFi.
  • Jika anda sudah mengaturnya, anda coba tutup dulu WhatsApp, lalu nonaktifkan jaringan internet (WiFi atau data seluler).
  • Setelah itu, baru anda bisa aktifkan kembali jaringan internetnya dan membuka kembali aplikasi WhatsApp.
  • Selesai


Maka dengan demikian semua pesan media baik itu foto, video, dokumen, maupun audio termasuk Voice Note tidak akan terunduh secara otomatis lagi.

Bagaimana jika suatu saat anda ingin mengembalikan pengaturannya?

Bisa kok, anda hanya perlu melakukan langkah-langkah tadi, anda bisa mencentang media apa yang ingin didownload secara otomatis.

Perlukah kita menonaktifkan fitur ini?

Tergantung dari kebutuhan anda, kalau anda tidak ingin memiliki masalah terkait kuota internet atau memori internal penuh, kami sarankan lebih baik fiturnya dibiarkan saja menyala.

Barangkali ada data-data penting masuk ke WA anda, sehingga anda tidak perlu lagi mencari dan membukanya kembali melalui pesan WhatsApp cukup dengan buka File Manager atau galeri maka anda bisa langsung menemukannya.

Begitu juga kalau anda bicara soal keamanan data jika belum terunduh, karena bisa saja sewaktu-waktu pesannya dihapus kembali oleh pengirim entah itu disengaja atau tidak sehingga akan lebih aman kalau otomatis tersimpan di memori internal anda sendiri.

Tapi tentunya ini kembali lagi ke anda karena disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.



Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan tentang bagimana menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp agar tiker atau file-file lainnya tidak terdownload otomatis.

Semoga ulasan artikel kali ini bermanfaat dan membantu anda dan teman -teman lainnya yang ingin menonaktifkan fitur tersebut.

Jika ada cara lainnya yang anda ketahui tentang pembahasan kita diatas, silahkan anda share melalui kolom komentar dibawah ini.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis. Sekian dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel