Cara Aktifkan 5G Smartfren 2024

Cara Aktifkan 5G Smartfren
ruaskabar.com - Bagi anda yang sedang mencari tentang Cara Aktifkan 5G Smartfren, tenang saja karena di artikel ini kami sudah sediakan ulasannya untuk anda.

Jaringan 5G merupakan jaringan yang dapat mengoptimalkan virtual reality "VR" dan augmented reality ''AR'' karena memiliki koneksi jaringan yang mulus dan cepat.

Penigkatan kecepatan yang di berikan oleh jaringan 5G jauh melampaui kecepatan jaringan dari 4G, 3G dan 2G.

Hal tersebut merupakan kabar yang cukup baik, karena anda bisa menggunakan jaringan internet lebih cepat daripada sebelumnya.

Sebenarnya tahun lalu, Indonesia telah resmi masuk kedalam era jaringan 5G. Sejumlah operator seluler yang ada di tanah air juga diketahui tengah menggelar jaringan tersebut di beberapa kota.

Hingga akhir tahun lalu, terdapat 9 kota yang diketahui telah bisa untuk mengakses jaringan 5G tersebut.

9 kota tersebut antara lain, seperti kota Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan,Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan.

Selain 9 kota-kota tersebut, pemerintah juga menetapkan rencana untuk pengembangan jaringan 5G yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 2 Tahun 2021.

Salah satu rencananya ialah seluruh ibukota provinsi di pulau Jawa dan lima destinasi wisata super prioritas harus tersedia jaringan 5G.

Kelima destinasi tersebut adalah Labuan Bajo di (Nusa Tenggara Timur), Mandalika di (Nusa Tenggara Barat), Danau Toba di (Sumatra Utara), Likupang di (Sulawesi Utara), dan Borobudur di (Jawa Tengah).

Jaringan 5G tersebut direncanakan akan bisa dinikmati atau digunakan di seluruh wilayah tersebut pada tahun 2024 mendatang.

Rencana lainnya dari pemerintah adalah salah satu lokasi industri manufaktur dan ibukota negara baru yang juga akan mendapatkan sinyal jaringan 5G dan akan bisa dinikmati pada tahun 2024 akan datang.

Nah bagi anda yang berada di 9 kota yang kami sampaikan diatas, maka anda bisa mengaktifkan dan menggunakan jaringan 5G tersebut.

Nah bagi anda yang masih berada di jaringan 4G dan belum tau cara aktifkan 5G Smartfren di ponsel anda, maka anda bisa simak ulasan kami dibawah ini.

Cara Aktifkan 5G Smartfren

Cara Aktifkan 5G Smartfren
Cara Aktifkan 5G Smartfren
Seperti yang sudah kami jelaskan pada ulasan diatas, bahwa jaringan 5G merupakan jaringan terbaru yang memiliki kecepatan yang luar biasa, kekuatan sinyal 5G ini jauh melampaui jaringan sebelumnya seperti jaringan 4G.

Maka oleh karena itu Smarfreen selaku provider yang cukup terkenal melakukan update jaringannya dari 4G ke 5G.

Nah Bagi anda yang masih binggung dan belum tau cara aktifkan 5G smartfren secara muda, maka anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk Menu Pengaturan atau Setting

Langkah pertama cara aktifkan 5G Smartfren yakni dengan masuk ke menu pengaturan atau setting di perangkat anda.
  • Pertama-tama silahkan anda masuk ke menu setting atau pengaturan.
  • Kemudian silahkan anda pilih dan klik settingan "Kartu Ganda dan Seluler".
  • Dengan begitu, anda bisa mengetahui koneksi data dan SIM bawaan yang ada pada koneksi jaringan anda.
  • Selanjutnya, anda bisa pilih menu APN yang ada di layar ponsel.
  • Access Point Name atau sering dikenal dengan (APN) ini memiliki fungsi sebagai protokol yang tersambung dengan koneksi internet.
  • Sebelum aktifkan jaringan ke 5G, pastikan anda sudah melakukan konfigurasi kartu seluler dengan benar. Saat proses ini anda perlu sedikit berhati hati saat memasusakn konfigurasi.
  • Kesalahan konfigurasi dapat membuat internet yang tersambung atau terkoneksi akan mejadi lebih lemot, lelet bahkan tidak bisa diguankan sama sekali.

2. Atur APN Baru

Langkah kedua cara aktifkan 5G smartfren yakni dengan mengatur APN Baru. Berikut ini beberapa cara atur APN baru yang bisa anda ikuti:
  • Langkah selanjutnya, anda bisa masuk pada menu APN, lalu anda bisa pilih APN baru.
  • Kemudian akan muncul beberapa kolom pertanyaan yang harus anda lengkapi dengan benar.
  • Selanjutnya anda akan mengisi kolom pertanyaan berisi tentang informasi data diri profil seperti, username, password, jenis autentifikasi maupun proxy dan lainnya.
  • Lalu anda isi nama and
  • Setelah itu, anda bisa isi kata sandi yang akan digunakan, alangkah bauknya anda gunakan kata sandi yang mudah di ingat agar tidak mengalami lupa password.

3. Konfigurasi Server dan Protokol APN

Cara aktifkan 5G smartfren berikutnya ialah dengan mengatur konfigurasi server dan protokol APN.

Konfigurasi merupakan sebuah proses setting atau pengaturan pada bagian yang terdapat dalam suatu perangkat di ponsel anda.

Sebelum mengisi konfigurasi, terlebih dahulu anda harus mengisi kolom pertanyaan, seperti 8.8.8.8 dan 510 pada MCC. jika sudah maka anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:
  • Anda juga harus mengisi MNC dengan angka 11. Di beberapa perangkat lainnya, pada pilihan MNC ini akan secara otomatis terisi.
  • Setelah itu, anda bisa mengisi protokol APN dan protokol roaming APN.
  • Lalu anda bisa pilih "IPv4/IPv6". IPv4/IPv6 merupakan sebuah jenis internet protokol yang ada di perangkat anda.
  • Penggunaan IPv4 sebagai internet utama dapat menyebabkan sebuah koneksi menjadi bermasalah seperti roaming dan IPv6 yang digunakan sebagai internet utama.
  • Setelah itu, anda bisa klik selesai, dilanjutkan dengan pilih pojok kanan ata lalu pilih oke.

4. Lakukan Speedtest

Langkah berikutnya untuk cara aktifkan 5G smartfren yakni dengan langsung mengubah jaringan menjadi 5G.

Disarankan agar anda melakukan speedtest untuk mengecek kecepatan koneksi jaringan internet seluler maupun Wi-Fi anda.

Aplikasi ini bisa anda akses melalui situs speedtest.net atau bisa juga melalui link berikut. https://www.speedtest.net/

5. Ubah Jaringan ke 5G

Langkah terakhir untuk cara aktifkan 5G smartfren yakni dengan kembali ke menu pengaturan lalu ubah jaringan ke 5G.

Untuk mengetahui perbedaan antara 4G dan 5G anda bisa cek kecepatan koneksi internet menggunakan aplikasi speedtest tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara aktifkan 5G Smartfren secara mudah.

Semoga dengan penjelasan yang kami sampaikan diatas dapat memabntu anda untuk mengubah jaringan 4G ke jaringan 5G secara mudah.

Selain provider Smarfreen, anda juga bisa mengaktifkan jaringan 5G di provider Telkomsel, XL, Axis, Indosat dan lainnya.

Nah, untuk lebih lengkapnya, anda bisa terus menyimak situs web kami ini agar tidak ketinggalan informasi seru dan menarik lainnya.
Wananda R. Pakar teknologi yang berbagi pengalaman dan pengetahuan di bidang teknologi. Saat ini menjadi kontributor konten teknologi di kompasCNET.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel